skip to Main Content
PEMKAB TOBA SAMOSIR BERIKAN PERALATAN PERTANIAN KEPADA LANSIA

PEMKAB TOBA SAMOSIR BERIKAN PERALATAN PERTANIAN KEPADA LANSIA

Balige, MediaCenter – Dalam rangka pemberian pelayanan untuk peningkatan kesejahteraan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada masyarakat Lanjut Usia (LANSIA), Pemerintahan Kabupaten Toba Samosir memberikan bantuan peralatan pertanian kepada 48 LANSIA yang diserahkan di Sanggar Kegiatan Belajar Porsea, Selasa (7/10).

Dari 48 lansia, masing-masing mendapat paket bantuan alat-alat pertanian berupa 1 Pompa Semprot (Solo 425), 1 unit Beko (GSM Sorong), 1 unit Cangkul, 1 unit Garuk, 1 bilah Parang, Arit, Sekop, dan Babat.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya yang disampaikan Kadis Sosial TH Sitorus dalam acara pemberian bantuan sosial tersebut mengatakan, pelayanan UEP sudah dilaksanakan sejak tahun 2012 lalu.

Pada tahun 2012 yang lalu bantuan yang diberikan adalah berbagai bahan/peralatan pertanian kepada 20 lansia di Kecamatan Silaen. Tahun 2013 diberikan kepada 45 lansia di Kecamatan Tampahan, dan tahun 2014 kepada 48 lansia di Kecamatan Porsea, Sigumpar, Laguboti dan Balige, masing-masing 12 orang.

Menurut Kadis Sosial TH. Sitorus, pada tahun 2013, jumlah Lansia di Tobasa berjumlah 11.041 jiwa. Kondisi ini berimplikasi terhadap pemenuhan hak-hak dasar lansia, baik sosial ekonomi, kesehatan, dan aksebilitas lainnya.

“Untuk itu dibutuhkan upaya pemberian pelayanan dalam rangka peningkatan kesejahteraan lansia, dengan memberikan pelayanan Pemerintah melalui program UEP, dan merupakkan serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan usaha ekonomi, meningkatkan produkstifitas, meningkatkan penghasilan yang ditujukan bagi penyandang masalah kesejahtraan sosial secara perseorangan, kata TH. Sitorus.

Program UEP sendiri bersipat sosial ekonomis dan bersifat individual dengan tujuan untuk memberdayakan lansia potensial yang masih mempunyai keinginana memenuhi kebutuhannya sendiri, meningkatkan kondisi ekonomi atau membantu mengatasi masalah ekonomi yang dialami lansia itu sendiri.

Pada akhir acara Bupati menegaskan melalui Kadis Sosial TH. Sitorus “Kiranya bantuan yang diberikan hari ini dapat dimanfaatkan, dan kepada para Camat saya minta agar dimonitoring pemanfaataannya dan senantiasa memberikan kemudahan kepada lansia dan tidak lupa juga saya berpesan kepada seluruh masyarakat agar mendampingi kinerja pemerintah dalam upaya peningkatan taraf hidup kesejahteraan sosial khususnya lansia, (mctobasa/sesmontb/vit)

Back To Top
×Close search
Search