skip to Main Content
Syukuran Awal Tahun 2016 Pemkab Toba Samosir

Syukuran Awal Tahun 2016 Pemkab Toba Samosir

Balige, MCTobasa – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melaksanakan syukuran awal tahun 2016 bersama elemen masyarakat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba Samosir, di Balige, Rabu (6/1).

Kegiatan syukuran ini dilaksanakan untuk mengawali pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2016, dan juga untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik di Kabupaten Toba Samosir di segala bidang.

Acara ini diawali dengan melakukan kebaktian bersama dipimpin oleh Preases HKBP Distrik IV Toba Pdt. R. Silaban, S.Th melalui Nats Alkitab I Tesalonika 5: 18.

Pdt. R. Silaban, S.Th mengatakan sebagai Pejabat Pemerintah hendaknya selalu memperhatikan dan mengedepankan kepentingan/kebutuhan masyarakat, sehingga terbangun keseimbangan pelaksanaan pembangunan fisik (infrastruktur) dan pembangunan mental, sosial, budaya dan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama dalam melaksanakan proses pembangunan dan takut terhadap tatanan hukum/firman Tuhan Yesus Kristus sebagai pemberi ilmu pengetahuan, hikmat dan kebijaksanaan sesuai dengan Dasar Negara, yakni Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, katanya.

Setelah acara kebaktian dilanjutkan dengan makan bersama sambil dihibur oleh artis-artis lokal Toba Samosir seperti Toba Voice, dan dari Ibukota Jakarta Nikson Trio Lamtama, yang dipandu oleh MC terkenal di  Tobasa Tulus Hutabarat, S.Sos yang juga PNS di Pemkab. Toba Samosir.

Dalam acara syukuran ini para unsur pimpinan daerah dan tokoh masyarakat secara bergantian memberikan sambutan dan ucapan Selamat Tahun Baru Tahun 2016, diantaranya A.W. Hutahaean mengatakan agar secara bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat saling bahu membahu.

Serta mendukung program atau visi, misi Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dalam mensejahterakan masyarakat melalui pelaksanaan pembangunan di segala bidang.

“Jika pemerintah akan melaksanakan pembangunan, jangan kita masyarakat ini menghambat dengan melakukan boikot atau melarangnya,” tegas AW. Hutahaean yang juga pengusaha sukses asal Toba Samosir ini.

Ketua DPRD Ir. Boike Pasaribu bersama-sama dengan beberapa anggota DPRD Toba Samosir di antaranya Wakil Ketua Toni Simanjuntak, Bulan Siahaan, Ramli Aruan, Binner Tambunan, mewakili Dandim yakni Danramil Balige A. Simanjuntak, dan mewakili Polres Tobasa secara bersama-sama mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016 kepada seluruh hadirin.

Ia mengajak bersama-sama memikul tugas dan tanggungjawab kita dalam memperbaiki kinerja dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Jangan tanya apa yang diberikan pemerintah kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang sudah kamu berikan kepada pemerintah,” tegas Ketua DPRD Boike Pasaribu.

Sementara itu, Pj. Bupati Toba Samosir Hasiholan Silaen, SH menyampaikan apresiasi dan salam hormat bagi seluruh hadirin dan bersyukur karena telah bersama-sama memberikan perhatian untuk dapat menghadiri acara Syukuran Awal Tahun Baru 2016 Pemerintah Kabupaten Toba Samosir.

Tahun 2015 kita sudah lalui dengan baik, banyak pekerjaan, tugas dan tanggungjawab yang telah kita lakukan bersama-sama di antaranya Pilkada tanggal 9 Desember dan Pilkades Toba Samosir tanggal 16 Desember 2015 sudah berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Selanjutnya Pj. Bupati Hasiholan Silaen mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjalin kebersamaan untuk meraih sukses pada tahun 2016, sehingga apapun program, kegiatan dan persoalan yang ada dapat kita pikul secara bersama-sama, yang akhirnya kesuksesan akan kita raih juga secara bersama-sama.

“Hendaknya sukses hari ini, lebih baik dari kemarin, dan sukses hari esok akan lebih baik dari hari ini”, tegas Pj. Bupati Hasiholan Silaen.

Pada akhir sambutannya Pj. Bupati Hasiholan memberikan informasi kepada seluruh hadirin bahwa Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan bersama-sama dengan Menteri PUPR, Menteri Pariwisata, Menteri Kemaritiman dan Sumber Daya, Menteri Perhubungan akan datang Kabupaten Toba Samosir.

Kedatangannya adalah untuk melakukan kunjungan kerja terkait Pembentukan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba tanggal 9 Januari 2016 di Kampus IT Del Sitoluama.

Kehadiran para menteri tersebut, menurut informasi melalui telepon Pak Luhut tadi pagi, kata Hasiholan, bertujuan sebagai upaya mengembangkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, sehingga pengelolaan Danau Toba lebih terkoordinasi sehingga bisa lebih cepat berkembang.

Badan Otoritas Pariwisata ini berwenang untuk membangun infrastruktur dasar seperti pengembangan bandar udara Sibisa di Ajibata, jalan raya, dan sebagainya.

“Ketika destinasi terpadu, pengelolaannya harus terintegrasi, Danau Toba pengelolanya harus satu. Infrastruktur dasar nantinya hanya satu, bandara satu, jalan darat akan mulus,” papar Hasiholan.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Tobasa Drs. Audi Murphy Sitorus, SH., M.Si didampingi para pimpinan SKPD dan para Camat se-Kabupaten Toba Samosir menyatakan bahwa pada tahun 2016 ini seluruh Aparatus Sipil Negara di daerah ini akan bertekad memperbaiki kinerja, sehingga apa yang menjadi harapan dari masyarakat di Kabupaten Tobasa dalam meningkatkan kesejahteraan akan dapat dicapai. (mctobasa/sesmontb)

Back To Top
×Close search
Search