skip to Main Content
Pembinaan Generasi Muda Lewat Kegiatan Kepramukaan

Pembinaan Generasi Muda Lewat Kegiatan Kepramukaan

Balige, MCTobasa – Kapolres Toba Samosir AKBP Budi Hariyanto mengatakan, geliat pembinaan generasi muda di wilayah ini perlu semakin ditingkatkan melalui kegiatan kepramukaan.

Cara mewujudkannya adalah seluruh pengurus yang terpilih, dengan sukarela harus berperan serta secara aktif “menghidupkan” kembali gerakan pramuka yang selama ini dinilai seperti mati suri.

“Artinya kita semua harus bangkit dan maju secara bersama-sama,” katanya, Rabu (26/11), di Balai Data Kantor Bupati Tobasa di Balige, pada Rapat Persiapan Pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Pramuka Tobasa.

Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto di kepramukaan ini merupakan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka). Dalam waktu dekat ini direncanakan akan dilantik. Karena itu, pihaknya beserta seluruh pengurus yang terpilih mengadakan rapat untuk persiapan pelantikan.

Terkait rencana program kerja, Kapolres mengatakan, nantinya pihaknya akan berupaya mengajak dan melibatkan generasi muda dalam berbagai kegiatan supaya dapat lebih mengenal dan peduli dengan alam. “Kita akan melibatkan mereka (generasi muda),” katanya.

Sementara bagaimana pengurus dan anggota memahami tugas dan fungsinya, Bupati melalui Sekdakab Audi Murphy Sitorus meminta Kwartir Cabang Pramuka Tobasa supaya melakukan pembekalan dan orientasi terhadap jajarannya.

Karena, menurutnya, pemahaman akan tugas dan fungsi berdampak pada maksimalnya peranan gerakan Pramuka bagi generasi muda khususnya, dan masyarakat umumnya.

“Melalui gerakan Pramuka ini juga, pembekalan ilmu-ilmu kepemimpinan bagi generasi muda sebagai penerus bangsa dan negara di masa mendatang, sangat kita harapkan,” katanya.

Salah satu pengurus terpilih, Rekson Simanjuntak menyebutkan, kurikulum 2013 telah mewajibkan gerakan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib. Ini menunjukkan bahwa gerakan pramuka dan manfaat yang diperoleh dari gerakan ini amat penting.

Hal senada juga disampaikan pengurus lainnya, Lalo H Simanjuntak. Ia berharap sifat dan jiwa “kepramukaan” senantiasa dapat lebih dijiwai siswa/i.

“Disamping itu, eksistensi pramuka juga katanya perlu kembali sering dimunculkan dalam berbagai kegiatan pemerintah dan masyarakat, agar masyarakat dapat melihat manfaat kepramukaan,” kata Kadis Pendidikan Tobasa ini. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search