skip to Main Content
Pelajar Toba Samosir Wakili Sumut Pada Upacara Kenegaraan HUT RI Ke-70

Pelajar Toba Samosir Wakili Sumut Pada Upacara Kenegaraan HUT RI ke-70

Balige, MCTobasa – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut),  melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menunjuk pelajar dari Kabupaten Toba Samosir mewakili Provinsi Sumut sebagai anggota Paduan Suara pada acara perayaan HUT RI ke-67 di Istana Merdeka Jakarta.

Penunjukan tersebut berdasarkan  Surat Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfiliman Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 223/SB/Dit.PKP/III/2015 tanggal 26 Maret 2015 perihal Koordinasi Persiapan Gita Bahana Nusantara 2015.

Berdasarkan hal tersebut selanjutnya Kepala Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera menghunjuk dan menetapkan melalui Surat Keputusan Nomor 431/ 250-SB/ 2015 tentang Penetapan Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Tobasa sebagai Penanggungjawab Kegiatan Audisi Gita Bahana Nusantara tahun 2015.

Jumlah peserta audisi sebanyak 70 orang pelajar SMA/ SMK yang ada di Kabupaten Tobasa dan akan dipilih 4 orang sebagai peserta untuk mewakili masing-masing suara Sopran, Alto, Bariton, dan Bas.

“Begitu surat ini sampai, saya langsung koordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata Sumut untuk mempertegas,” ujar Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tobasa Ultri Simangunsong kepada Tim MC Tobasa di ruang kerjanya, Rabu (29/4).

Selanjutnya, sesuai petunjuk dari provinsi, pihaknya tengah melakukan penjaringan dari seluruh pelajar se-Kabupaten Toba Samosir dalam menjaring 70 orang sebagai perwakilan dan yang mengikuti audisi hanya 4 (empat) orang yang terbaik.

“Audisi dijadualkan berlangsung Selasa (5/5) di komplek Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisara Kabupaten Toba Samosir Jl. DI. Panjaitan Balige, dan acara tersebut dihadiri oleh seluruh panitia daerah dan provinsi untuk kegiatan seleksi,” kata Ultri.

Setelah 4 orang terbaik dipilih, lanjut Ultri,  peserta pada bulan Juli mendatang akan bergabung dengan para peserta dari provinsi lain dan berlatih bersama di Cibubur, Jakarta, dan kemudian akan tampil di Istana Merdeka untuk menyanyikan lagu-lagu nasional sekaitan dengan hari Kemerdekaan RI ke-70.

“Harapan kita, para pelajar yang akan mengikuti audisi untuk dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya, sehingga benar-benar ke-4 orang terbaik dan setelah terpilih diharapkan agar menjaga nama baik Kabupaten Toba Samosir dan semakin berkibar dalam kancah nasional,” tegas Ultri. (mctobasa/sesmontb/ft)

Back To Top
×Close search
Search