skip to Main Content
PAUD TK HKBP Balige Gelar Acara Pelepasan

PAUD TK HKBP Balige Gelar Acara Pelepasan

Balige, MCTobasa – PAUD TK HKBP Balige, Kabupaten Toba Samosir dalam usianya yang ke-39 tahun, kembali melepas 60 orang anak-anak usia dini tahun pembelajaran (TP) 2014/2015, yang dilaksanakan di Aula TK HKBP Balige, Sabtu (13/6), sehari sebelum ulang tTahunya.

Acara berlangsung sederhana yang diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Pdt. Yudi Siagian, S. Th. dan mengajak anak-anak untuk takut akan Tuhan sebagaimana tertulis dalam Alkitab. ”Takut bukan berarti ngeri, akan tetapi percaya dan yakin akan kebenaran Firman Allah sebagai awal dari pengetahuan,” sebutnya.

Selanjutnya acara pelepasan anak-anak TK yang juga dihadiri oleh para orangtua murid, Ketua Yayasan HKBP Tobasa Lauranto Manullang, Bendahara Yayasan HKBP Tobasa Pestaria Sianturi dan Kepala Sekolah SD HKBP 2 Balige Marudin Simanjuntak.

Dilanjutkan dengan berbagai kreativitas anak-anak TK dengan menampilkan kemampuan anak melalui persembahan tari-tarian dan puisi anak-anak dalam dua bahasa yaitu, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang membuat bangga para orangtua.

Hotma Aritonang salah seorang tenaga pendidik (guru) yang telah mengabdi lebih sepuluh tahun di TK HKBP, mengaku bahwa  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis karena masa usia dini merupakan ”golden age” atau masa emas untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa mendatang.

Dengan perkembangan teknologi pendidikan yang semakin maju pesat saat ini, TK HKBP Balige dengan segala keterbatasan selalu berusaha meningkatkan kompetensi tenaga pendidik melalui pemanfaatan teknologi melalui internet maupun buku-buku bacaan, bahkan saat ini sedang menjalani perkuliahan di Universitas Terbuka (UT) jurusan S1 PAUD dengan biaya sendiri (Swadana).

”Kami menyadari bahwa kami sedang mempersiapkan generasi bangsa, anak didik dalam kesiapan belajar (akademik) ke jenjang pendidikan  formal, yakni Sekolah Dasar, maka kesiapan para guru juga menjadi prioritas bagi kami,” tutur Hotma.

Dalam sambutanya Ketua Yayasan Lauranto Manullang menyatakan bahwa Yayasan Pendidikan HKBP Tobasa akan selalu berusaha untuk berperan serta memajukan pendidikan yang ditunjukkan melalui pembenahan pendidikan di sekolah HKBP secara terus menerus bahkan kami telah mendirikan SD Plus HKBP Balige.

Tenaga pendidik (guru) yang bertugas di TK HKBP Balige antara lain, Lince Siregar (Kepala Sekolah), Risma Simamora (Guru Kelas) dan Hotma Rotua Aritonang (Guru Kelas). (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search