skip to Main Content
Panwaslih Gelar Rakor Persiapan Pilkada

Panwaslih Gelar Rakor Persiapan Pilkada

Balige, MCTobasa – Dalam rangka membangun sinergitas dan koordinasi kelembagaan serta melakukan evaluasi bersama terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2015 Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Toba Samosir melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dengan stakeholder di Aula Hotel Marsaringar Balige, Rabu (10/11).

Ketua Panwaslih Provinsi Sumatera Utara Syafrida Riswanti Rasahan menyampaikan apresiasi kepada Panwaslih Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dalam melaksanakan Rakor, karena adanya keseriusan segala pihak dalam merespon langsung sejauh mana untuk mensukseskan tahapan pelaksanaan Pilkada 2015 di Kabupaten Toba Samosir.

Kemudian Unsur Pimpinan Daerah Tobasa secara bergantian menyampaikan kesiapan pihaknya masing-masing, diantaranya Kapolres Tobasa AKBP. Jidin Siagian,SH., MH mengatakan pihak kepolisian siap untuk menindaklanjuti segala laporan yang bisa menghambat pelaksanaan Pilkada di Kab.Tobasa dan senantiasa bersikap netral.

Kajari Balige Jeffry P. Maukar, SH.,MH  menambahkan dalam mengajukan laporan keberatan harus didukung oleh alat bukti yang sah, sehingga bisa ditindak lanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Selanjutnya Ketua Panwaslih Tobasa Janpiter Pakpahan, S.Tp, menyambut baik kegiatan rakor tersebut dan menyatakan bahwa lembaganya siap menjadi mitra lembaga KPU untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2015 sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah di atur.

Hal lain yang merupakan kesepakatan bersama dalam acara ini adalah menyatukan persepsi.

Menurut anggota KPU Toba Samosir pada divisi hukum Lamria Panjaitan, SH, menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakor tersebut selain melakukan evaluasi bersama terkait Tahapan Pilkada adalah menyatukan persepsi demi kesuksesan terlaksananya Pilkada 2015 yang akan berlangsung pada hari Rabu 9 Desember 2015.

“Mari kita seluruh pelaksana untuk menyamakan persepsi tentang dinamika penanganan laporan dan tindak lanjut penyelesaian administrasi, menyamakan gerak dan langkah menuju pendataan pemilih yang lebih baik serta persiapan rekapitulasi dukungan perseorangan di tingkat kabupaten yang dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” kata Lamria.

Sementara pihak legislatif melalui Ketua DPRD Tobasa Ir. Boike Pasaribu mengharapkan agar deadline logistic yang dibutuhkan tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan.

Mewakili Pj. Bupati Sekdakab Tobasa Drs. Audi Murphy O. Sitorus,SH., M.Si menyampaikan agar tetap senantiasa menjaga kekondusifan tahapan pelaksanaan Pilkada.

”Mari kita hadapi Pilkada dengan baik dan damai sehingga terpenuhi Pilkada yang damai, siapa pun yang terpilih  adalah kemenangan bersama seluruh masyarakat Kabupaten Tobasa”, kata Audi Murphy.

Turut hadir dalam rakor ini Asisten Pemerintahan Setdakab Tobasa Robert Gono Hutajulu S.Sos, Kaban Kesbangpollinmas Kab. Tobasa James Silaban dan beberapa undangan lainnya. (mctobasa/sesmobtb/sar)

Back To Top
×Close search
Search