skip to Main Content
Pantai Ancol Toba Samosir Makin Ramai  Dikunjungi Wisatawan

Pantai Ancol Toba Samosir Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Balige, MCTobasa – Pantai Ancol yang dulunya sepi pengunjung, belakangan ini menjadi ramai. Ternyata, setelah ditata, kawasan bibir pantai Danau Toba yang berada di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), itu tidak kalah indahnya dengan wisata pantai lainnya. Hal itulah yang menjadi minat wisatawan hingga saat ini ribuan pengunjung mendatangi pantai Ancol.

“Ancol sekarang jadi contoh di dearah kita di Tobasa. Dulunya ‘gelap’, tapi sejak ditata dua tahun lalu, sekarang sudah ramai pengunjung. Padahal, penataan yang dilakukan belum maksimal. Bisa dibilang, dalam hal pengelolaan dan penataannya masih tergolong kelas TK Paud kalau dalam pendidikan. Tapi, karena potensi wisata itu ada, sehingga objek wisata itu ramai, ribuan pengunjung,” tutur Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Tobasa Ultri Sonlahir Simangunsong ST, Jumat (6/5).

Menurutnya, potensi wisata di Tobasa cukup banyak. Ada Danau Toba, Budaya Batak, dan objek wisata alam lainnya yang layak menjadi daya tarik wisatawan. Namun masih butuh penataan dan pengelolaan dengan baik. Sehingga diperlukan partisipasi dari semua pihak. Bukan hanya pemerintah, namun juga masyarakat serta stakeholeder lainnya.

“Kita semua perlu menyadari, bahwa sektor pariwisata menjanjikan untuk menambah kesejahtraan masyarakat, juga menambah penghasilan asli daerah (PAD),” katanya.

Contohnya Ancol, lanjutnya. Dulu pantai itu terabaikan. Bahkan bisa dibilang tidak layak jadi objek wisata. Tapi saat ini, cukup indah untuk sebuah wisata pantai, sehingga banyak pengunjung.

“Secara langsung, saat ini objek wisata itupun menjadi lapangan kerja baru yang menampung ratusan tenaga kerja khususnya warga setempat. Secara otomatis juga, penghasilan masyarakat meningkat. Ke depan, ini akan dikelola dan ditata lebih baik lagi, sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan. Yang pada akhirnya, dapat memaksimalkan PAD,” bebernya.

Ultri menghimbau, pelaku usaha, serta masyarakat sekitar menyambut wisata itu dengan baik. Memaksimalkan layanan bagi para pengunjung, dengan saling menjaga lokasi bersih, aman, indah, dan sehat.

Pantauan dilapangan, saat ini kondisi Pantai Ancol mulai rapi. Pantai yang landai dan bentangan pasir putih menjadi daya tarik wisatawan. Setiap hari libur lokasi pantai Ancol cukup ramai. Kemarin, ada ribuan pengunjung yang hadir, bukan saja dari daerah Tobasa, namun juga dari luar daerah yang menyempatkan diri menikmati liburan di pantai Ancol Bulbul.

“Dulu pantai ini tak pernah kami dengar. Ternyata cukup lumayan, khususnya untuk kunjungan wisata keluarga, bersama anak istri. Hanya saja masih kurang penataan. Pondokan atau tenda-tenda ini masih kurang rapi. Kuliner juga masih kurang lengkap. Kemudian fasilitas wisata air belum lengkap. Taman-taman disekitar bibir pantai masih kurang. Saya yakin, kalau serius berbenah, lokasi ini akan lebih ramai lagi,” ujar Robbi Hutagalung (47), salah satu pengunjung asal Medan yang meyempatkan diri menikmati liburan di Ancol ketika melintas menuju kampung halamannya di Pakkat. (mctobasa/stb/ft)

Back To Top
×Close search
Search