skip to Main Content
Meriahkan Festival Danau Toba 2014 Dengan Lomba Solu Bolon

Meriahkan Festival Danau Toba 2014 dengan Lomba Solu Bolon

Balige, MediaCenter – Festival Danau Toba (FDT) 2014 akan dimeriahkan lomba solu bolon yang digelar di Danau Toba tepatnya dimulai dari Dermaga Balige hingga pantai Tara Bunga, Sabtu (20/9). Namun sebelumnya, untuk memohon keselamatan acara itu lebih dahulu digelar ritual paborhatton parluga oleh para tokoh adat setempat, Jumat (19/8).

Seperti penuturan salah satu tokoh adat yang turut dalam kegiatan itu diterangkan, ritual paborhatton parluga merupakan acara adat yang digelar untuk meminta ijin dan restu kepada yang kuasa sebelum acara lomba solu dilaksanakan. Diharapkan, melalui ritual tersebut dapat menjauhkan mala petaka bagi seluruh peserta lomba sejak dimulainya lomba hingga selesai dan acara itu berlangsung dengan baik.

“Paborhatton Parluga ini merupakan ritual adat meminta restu dan keselamatan dari pencipta sebelum digelarnya lomba solu. Tentang ritual itu, sudah merupakan tradisi yang dilakukan nenekmoyang terdahulu. Dimana lomba solu ini biasanya di gelar setiap tahunnya dalam acara yang dinamai pesta bona taon,” terang salah seorang tokoh adat yang haidr dalam acara itu Jaustin Sirait yang digelari Raja Pangaliun.

Ritual paborhatton parluga, selain para tokoh adat, turut hadir Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi para SKPD, serta sejumlah kontingen lomba. Perwakilan kontingen dalam acara itu memberikan piring panukkunan kepada para tokoh adat.

Kemudian para tokoh adat mendoakan peserta lomba agar selamat-selamat. Selanjutnya para peserta lomba ditaburi beras sambil di iringi musik ogung dan taganing. Selanjutnya dipercikkan air kepada para peserta dan dilanjutkan dengan memberikan hole (dayung) oleh Bupati. Setelah itu dua kontingen dilepas untuk berkeliling sebanyak 7 kali.

Diketahui, acara lomba solu bolon yang akan di gelar hari ini (Sabtu) akan di kawal sejumlah personil Satpol Air BKO dari Poldasu. Mereka disiaapkan untuk mengawal pelaksanaan FDT secara khusus yang diselenggarakan di Danau Toba.

“Ada 15 personil Satpol Air Poldasu yang di perbantukan (BKO) untuk mengawal pelaksanaan FDT 2014. Secara khusus mengawal seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Danau Toba,” tutur Kabag OPS Polres Tobasa Kompol Edi B Sinaga yang ditemui di acara paborhatton parluga, Jumat (19/9). (mctobasa/sesmontb/ftnews)

Back To Top
×Close search
Search