skip to Main Content
Mahasiswa IT Del Toba Samosir Gelar Pameran Teknologi

Mahasiswa IT Del Toba Samosir Gelar Pameran Teknologi

Balige, MCTobasa  – Mahasiswa Institut Teknologi (IT) Del Laguboti Toba Samosir (Tobasa) Provinsi Sumatera Utara, kembali menggelar Pameran Proyek Akhir Mahasiswa yang dilaksanakan di Auditorium IT Del Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Tobasa, Jumas (12/6).

Rektor IT Del Prof.  Dr. Roberd Saragih MT pada saat acara pembukaan, mengatakan bahwa proyek akhir mahasiswa merupakan sebuah kewajiban bagi mahasiswa IT Del pada setiap semester, yakni membuat sebuah program yang dapat digunakan untuk membantu dan mengembangkan aspek-aspek dalam pemerintahan maupun dunia usaha.

“Setiap semester, mahasiswa wajib membuat proyek akhir, dimana karya-karya ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. Seperti kali ini, mahasiswa tingkat I membuat media pembelajaran sains, dan tingkat II membuat program sistem informasi,” kata Robert.

Sementara Plt. Bupati Tobasa Liberty Pasaribu, SH., M.Si didampingi Sekdakab Drs. Audi Murphy Sitorus, SH., M.Si, Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang, S.Pd, Kabag. Humas Albert Sidabutar, menyaksikan langsung karya-karya teknologi yang dipamerkan pada kampus tersebut.

“Pada era globalisasi sekarang ini, dunia semakain kecil karena teknologi yang begitu dasyat. Apapun di dunia ini, semua bisa terbantu dengan kemudahan-kemudahan teknologi, dan saudara-saudara berbahagialah karena saat ini Anda sudah mampu menciptakan teknologi,” kata Liberty kepada mahasiswa IT Del.

Liberty lebih lanjut menyampaikan niatnya untuk memanfaatkan IT Del dalam pembangunan sistem yang dapat digunakan dalam inventarisasi aset dan pejabat di Pemkab. Toba Samosir, sehingga dapat diketahui oleh masyarakat luas.

“Kedepan saya pikir, Pemkab. Tobasa harus memafaatkan IT Del dalam pembangunan sistem informasi dalam pengelolaan aset dan pegawai,” katanya.

Selanjutnya Liberty mengakui, ada dua tokoh yang peduli pendidikan di daerah Kabupaten Tobasa ini dan merupakan idolanya, yakni DR. TB Silalahi sebagai Pembina Yasop dan Luhut Pandjaitan sebagai Pembina dan Pendiri IT Del.

“Dua tokoh ini idola saya, sebab saya pikir, hanya sektor pendidikanlah yang berpotensi mengangkat derajat warga Tobasa. Manusianya yang perlu kita bangun melalui sektor pendidikan,” kata Liberty.

Untuk itu, lanjutnya, para anak-anak IT Del, persiapkanlah diri dengan baik-baik, dan semoga sukses untuk meraih cita-citamu.

Pantauan tim MC Tobasa di lapangan, salah satu karya yang ramai dikunjungi adalah program sistem informasi kehumasan, dan salah satu keunggalannya adalah untuk membantu bagian humas dalam hal pendataan pemberitaan dari setiap media dengan berbentuk digital yag dapat diakses secara bebas dan dilengkapi data media dan wartawan yang bertugas di Kabupaten Tobasa (mctobasa/sesmontb/ft)

Back To Top
×Close search
Search