skip to Main Content
Ketua KPU Toba Samosir Lantik 80 Orang PPK

Ketua KPU Toba Samosir Lantik 80 Orang PPK

Balige, MCTobasa – Plt.Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu yang diwakili Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang, menegaskan bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) harus netral dan profesional.

Menjadi anggota PPK berarti ikut serta menjadi tulang punggung demokrasi yang merupakan pekerjaan berat , karena dengan menjadi anggota PPK akan menentukan keberhasilan pelaksanaan demokrasi .

Hal ini dikatakan Plt.Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu yang diwakili Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang pada saat pelantikan 80 orang anggota PPK Se-Kabupaten Tobasa untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, di Hotel Marsaringar Balige, Jumat (15/5).

“Selain itu PPK harus bertindak netral dan profesional dalam melaksanakan pekerjaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, sehingga terhindar dari tudingan-tudingan negatif dari pihak-pihak yang ingin menjatuhkan atau merusak sistem demokrasi di Indonesia,” kata bupati .

Atas nama Pemkab Tobasa, ia mengucapkan selamat bertugas kepada para anggota PPK. Pemerintah mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015.

Ia juga berpesan agar dalam pelaksanaan pemilihan nanti dapat tetap berjalan sesuai koridor aturan perundang-undangan yang berlaku sehingga legitimasi dari hasil pemilihan dapat lebih baik lagi dan diterima oleh masyarakat Toba Samosir.

“Kepada seluruh Camat se-Kabupaten Toba Samosir agar memberikan dukungan kepada KPU Toba Samosir terutama memfasilitasi PPK dan PPS dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pemilihan , sebab pada hakikatnya keberhasilan KPU, PPK dan PPS adalah juga keberhasilan pemerintah dan masyarakat Toba Samosir,” kata bupati.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tobasa Rinto Hutapea, SP mengatakan setelah pelantikan, diharapkan masing-masing PPK agar melaksanakan rapat pleno untuk memilih ketua dan membagi tugas anggota dilanjutkan dengan rapat kerja PPK.

“Kami berharap kepada bapak ibu yang baru ditetapkan dan dilantik menjadi anggota PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 dalam melaksanakan tugasnya tetap menjaga profesionalitas dan bertindak netral,” kata Rinto Hutapea.

Serta tidak memihak terhadap pasangan calon seperti yang telah diatur dalam Peraturan Bersama KPU, Bawaslu dan DKPP Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggaraan Pemilihan Umum, dan anggota PPK harus terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.

Turut hadir mewakili Ketua DPRD Tonny Simanjuntak, mewakili Kapolres Tobasa Kabag. Ops Kompol E. Sinaga, mewakili Dandim TU Kapten M.Simanjuntak, Ketua Panwaslu J. Pakpahan dan para Camat se-Kabupaten Toba Samosir. (mctobasa/sesmontb/tum)

Back To Top
×Close search
Search