skip to Main Content
Kegiatan Fisik PNPM-MP Di Tiga Kecamatan Di Toba Samosir Rampung

Kegiatan Fisik PNPM-MP di Tiga Kecamatan di Toba Samosir Rampung

Balige, Kegiatan fisik Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) tahun 2014 di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Siantar Narumonda, Kec. Laguboti dan Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir telah rampung dilaksanakan.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, didampingi Ketua TP PKK Ny. Netty Pandapotan Pardosi, secara resmi menandatangani Prasasti Pembangunan Fisik PNPM-MP berupa pembangunan saluran irigasi di Desa Siantar Tonga-Tonga II, Desa Narumonda VII dan Desa Siantar Dangsin,a Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba Samosir tahun 2014.

Kehadiran Bupati dan rombongan para Kepala SKPD Toba Samosir disambut hangat oleh warga. Kesempatan ini, dimanfaatkan oleh warga untuk menyampaikan aspirasi dengan usulan-usulan pembangunan sesuai skala prioritas kebutuhan warga pada kegiatan mendatang.

Pada kesempatan tersebut tokoh masyarakat TR Marpaung didampingi Kades Siantar Dangsina Manutur Marpaung, merasa bangga dan berterima kasih atas kunjungan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan rombongan di desa mereka.

“Suatu kebanggaan bagi kami, Bapak Bupati berkenan berkunjung ke pelosok, seperti desa kami, dan bertatap muka langsung dengan warga kami,” kata TR Marpaung.

Lebih lanjut disampaikan, dirinya bersama seluruh warga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepedulian bupati, karena  selama kepimpinan beliau sangat gigih dan gencar mendukung terlaksananya kembali PNPM-MP.

Ia menyebut, pada kesempatan ini Pandapotan Kasmin Simanjuntak layak disebut sebagai “Bapak PNPM Tobasa”.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya memberikan apresiasi karena masyarakat sangat antusias dan penuh rasa kekeluargaan menyambut kehadirannya di desa mereka.

Hal ini, menurutnya, merupakan gambaran adanya sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai tujuan sesuai cita-cita pembangunan. “Indikator keberhasilan pembangunan itu, salah satunya terlihat pada kesetaraan peran pemerintah, pengusaha dan masyarakat dalam setiap gerakan pembangunan,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menghimbau masyarakat Siantar Narumonda, untuk terlibat aktif dalam memajukan daerahnya, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Manfaatkan dan pelihara hasil-hasil pembangunan. Pemerintah akan terus berupaya meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Toba Samosir yang kita cintai ini”, tegasnya.

Sementara itu, Bupati Toba Samosir yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Liberty Manurung, MM.Biztel, meresmikan 7 kegiatan fisik PNPM-MP di Kecamatan Laguboti dan Kecamatan Tampahan, Senin (07/04).

Bangunan fisik itu antara lain saluran irigasi sepanjang 886 meter di Desa Ujung Tanduk, pembangunan saluran irigasi sepanjang 500 meter, pembangunan tembok penahan tanah sepanjang 500 di Desa Sibarani Nasampulu dan pembangunan saluran irigasi sepanjang 600 meter di Desa Sitoluama Kecamatan Laguboti.

Di Kecamatan Tampahan,  Bupati yang diwakili Sekdakab Toba Samosir juga meresmikan pembangunan irigasi sepanjang 500 meter di Desa Tangga Batu Timur, pembangunan jalan rabat beton sepanjang 317 meter dan pembangunan irigasi sepanjang 400 meter di Desa Lintong Nihuta.

Lebih lanjut Sekdakab. Drs. Liberty Manurung, MM.Biztel menyerahkan secara simbolis alokasi dana dan Surat Keputusan Pengangkatan Unit Pengelola Kegiatan di masing-masing kecamatan.  (Mc Tobasa/sesmontb

Back To Top
×Close search
Search