skip to Main Content
KARYA BHAKTI TNI TA. 2014 KODIM 0210/TU DI NASSAU, TOBASA

KARYA BHAKTI TNI TA. 2014 KODIM 0210/TU DI NASSAU, TOBASA

Balige, mctobasa – Dalam rangka memperlancar jalur transportasi masyarakat secara khusus dari Dusun Sijungkat menuju Dusun Simanalese, Desa Lumban Rau Tenggara, Kecamatan  Nassau, Kabupaten Toba Samosir melalui program Karya Bhakti TNI akan segera melakukan pembukaan jalan baru sepanjang  kurang lebih 4,2 km.

Pembukaan jalan ini dimaksudkan untuk memperlancar jalur transportasi dan menurunkan ongkos produksi hasil bumi, sehingga masyarakat akan terbebaskan dari keterisoliran.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya menyatakan, dengan dibukanya akses jalan ini, masyarakat diharapkan akan lebih berinovasi, kreatif sehingga akan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kehidupannya.

Lebih lanjut Bupati mengapresiasi bahwa pelaksanaan Karya Bhakti tersebut, merupakan perwujudan komitmen yang kuat untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah dan masyarakat, Karya Bhakti TNI ini diyakini akan mampu membantu percepatan akselerasi pembangunan di daerah yang menjadi prioritas pemerintah. Disamping itu, melalui program ini, diharapkan akan dapat memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Keberhasilan Karya Bhakti TNI, sangat ditentunkan oleh kerjasama yang erat serta partisipasi seluruh komponen masyarakat”.

Agar berhasil secara optimal, dan dapat dilaksanakan secara maksimal, dihimbau  kepada seluruh personil yang terlibat termasuk masyarakat setempat, dapat melaksanakan tugas mulia tersebut dengan penuh tanggungjawab. Hal lain yang menurutnya, perlu diperhatikan, semangat gotong royong dan kebersamaan harus terus dipupuk, sehingga mampu mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat sebagai kekuatan yang mampu bersinergi. Seluruh personil yang terlibat, juga diminta mampu membangun komunikasi sosial yang persuasif, sehingga masyarakat akan termotivasi untuk membangun daerahnya.

Selama program ini berlangsung, diharapkannya juga, akan mampu mewujudkan kehidupan sosial masyarakat yang kondusif bagi kesinambungan pembangunan, serta sasaran yang dicapai akan diterima ditengah-tengah masyarakat dan berdaya guna bagi peningkatan perbaikan kehidupan sosial masyarakat.

Setelah membuka secara resmi dan setelah menyerahkan secara simbolis perlengkapan pelaksanaan Karya Bhakti ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjutak, Dandim 0210/TU Letkol (inf) Viktor Tampubolon, dan Kapolres Tobasa AKBP Edy Faryadi, juga melakukan peninjauan ke lapangan titik pembukaan jalan baru yang menghubungkan kedua dusun tersebut. Turut mendampingi selama peninjauan, Asisten Pemerintahan drs. Audi Murphy Sitorus, Asisten Administrasi Umum Salomo HK Simanjuntak, Asisten Ekbang Tito Siahaan, Inspektur Augus Simanjuntak, Kaban Pemmas dan Pemdes Wasir Simanjuntak , Camat Nassau Liber Sipahutar, para Kabag Setdakab, personil Polres Tobasa dan personil Kodim 0210/TU.

Sebelumnya, Perwira Seksi Teritorial Kapten (arm) Guntur Sebayang, dalam laporannya menyebutkan, Karya Bhakti yang dipusatkan di Desa Lumban Rao Tenggara, Kecamatan Nassau, Tobasa ini, disamping target sasaran fisik berupa pembukaan jalan baru sepanjang 4.2 km, juga akan dilakukan pembuatan jembatan gelagar kayu.

Ditambahkan, dan selama pelaksanaannya hingga 04 April mendatang, 25 orang personil Makodim 0210/TU akan didukung 45 personil lainnya dari Polres Tobasa, Pemkab Tobasa dan masyarakat setempat. Guntur menyebutkan, disamping kegiatan fisik, juga dilakukan kegiatan non fisik berupa berbagai penyuluhan kepada masyarakat, diantaranya penyuluhan PPBN, Hukum, Narkoba, Kesehatan, Pertanian dan Kehutanan, serta penyuluhan wawasan nusantara dan wawasan kebangsaan. mctobasa/stb/tony)

Back To Top
×Close search
Search