skip to Main Content
IT Del Sitoluama Toba Samosir Wisuda 86 Mahasiswa Angk.ke-XI Dan Dies Natalis Ke-XIII Tahun 2014

IT Del Sitoluama Toba Samosir Wisuda 86 Mahasiswa Angk.ke-XI dan Dies Natalis ke-XIII Tahun 2014

Sitoluama, MediaCenter – Rektor Institut Teknologi (IT) Del Sitoluama Laguboti Kabupaten Toba Samosir Prof. Robert M. Saragih, MT secara resmi membuka Sidang Terbuka Senat Akademik dalam rangkaian acara Wisuda 86 orang di Auditorium IT Del, Sabtu (6/9).

Rektor IT Del Prof. Robert M. Saragih, MT, dalam laporannya mengatakan, acara pelantikan wisudawan  alumni IT Del Sitoluama Laguboti ini berjumlah 86 orang yang terdiri dari 30 orang dari jurusan Teknik Informatika, 30 orang dari Manajemen Informatika dan 26 orang dari jurusan Teknik Komputer.

Dari 86 orang wisudawan yang dilantik lima orang mendapat predikat “cumlaude” dan 9 sembilan orang merupakan wisudawan terbaik dari tiga program studi, yakni dari Program Teknik Informatika, Jonathan B. Tambunan (IP 3.73), Yohanes Oilin Bakara (IP 3.62) dan Yufi Apriyanti Siahaan (IP 3.49).

Program Manajeman Informatika masing-masing Corry Elsa Novyanti (IP 3,58), Goretti AM. Situmorang (3.53), Lucia Yolanda Sitorus (IP 3.5.), sedangkan dari Program Teknik Komputer masing-masing Holong M. Situmorang (3.60), Leo Pripos Marbun (3,58) dan Perdana Martinus Situmorang (3.49).

Rektor Robert Saragih lebih lanjut mengatakan, dalam acara yang digelar hari ini, dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Signing KTH Royal Institut of Technology dengan IT Del dan IT Del dengan Pemkab. Samosir.

Rektor Universitas Paramadina Anies Rasyid Baswedan, Ph.D mengatakan, dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat baik buat keluarga Luhut B. Panjaitan, karena dengan segenap daya upaya rela mampu membangun Perguruan Tinggi yang jauh dari ibu kota Jakarta namun kualitas, dan daya kreatifitasnya berskala Internasional”, dan Kampus IT Del mempunyai ciri khas yang sangat unik sesuai dengan motto “Martuhan, Marroha, Marbisuk” dan penuh dengan keceriaan.

Para alumni sudah melewati satu (1) fase dari tiga (3) fase yang harus dilalui yakni harus memiliki integritas untuk memasuki level dunia, harus mampu membuat road map 20 tahun kedepan yakni dengan membayangkan tahun ini tahun 2034, dengan demikian para alumni menjadi escalator sosial ekonomi keluarga, dan merupakan investasi masa depan Indonesia yang harus mampu bersaing di dunia internasional, kata Baswedan.

Selanjutnya Presiden Direktur Microsoft Indonesia/Ceo Andreas Diantara mengatakan “jadilah sebagai pengusaha “Digital Enterpreneur”, dengan demikian para alumni mampu menjadikan ilmu yang didapat dari kampus IT Del ini sebagai start up company.

Robert O. Blake, JR Duta Besar Amerika mengatakan “jadilah sebagai agent transformation bidang informasi dan teknologi yang mampu bersaing di dunia internasional.

Sementara Wakil Gubernur Sumater Utara Tengku Erri Nuradi menyampaikan apresasi yang  setinggi-tingginya kepada Luhut B. Pandjaitan atas pendirian Yayasan Del di Kabupaten Toba Samosir, dan sangat bangga dengan pengabdian rela memberikan pendidikan subsidi kepada para mahasiswa, tanpa meninggalkan kualitas.

“Para alumni IT Del sudah banyak berkiprah, baik sebagai PNS maupun sebagai enterpreneur, peneliti dan sebagai dosen. Para alumni diharapkan mampu mengabdikan ilmu pengetahuan bidang informasi teknologi sebagai entrepreneur muda, dengan demikian akan tercipta lapangan pekerjaan baru bidang IT yang diharapkan dapat menyedot tenaga kerja,” kata Erri.

Wakil Gubsu Nuradi lebih lanjut mengatakan, saat ini Indonesia sangat membutuhkan wiraswastawan muda berbakat untuk membangun Indonesia dengan peluang  dari populasi penduduk yang ada saat ini dimana jumlah pengusaha Indonesia hanya mencapai 1 persen, jumlah ini sangat jauh dari yang dibutuhkan

Luhut Binsar Pandjaitan mewakili Yayasan Del mengatakan abdikanlah ilmu Anda sebagai modal dalam memperbaiki sosial ekonomi, harus cerdas, beriman dan jangan melupakan “asal”.

 “Jika anda mau kaya jangan menjadi pegawai negeri (PNS) tetapi jadilah pegawai yang baik, mengabdi dan menjadi amanah, teladan bagi masyarakat dan jika anda mau jadi kaya, jadilah menjadi pengusaha dengan mengedepankan integritas pribadi yang baik, jangan sombong dan tetap takut akan Tuhan.

Acara wisuda mahasiswa IT del angkatan ke-11 tahun 2014 dirangkai dengan Dies Natalis ke-13 IT Del, dengan berbagai kegiatan acara pemberian penghargaan kepada karyawan terbaik yang sudah bekerja 10 tahun di Yayasan Del yakni Bapak Panti Hutapea, dan pemberian penghargaan kepada Tim Pora IT Del yakni uang pembinaan Rp. 100 juta dari Yayasan Del.

Turut hadir dalam acara wisudawan mahasiswa IT Del angkatan ke-11 dan Dies Natalis ke-13 Tahun 2014, Anggota DPR-RI Ruhut Sitompul, Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH., M.Si, Wakil Bupati Humbahas Drs. Marganti Manullang, Wakil Bupati Taput, Kepala Dinas Perhubungan Kominfo Kab. Samosir, Kepala Dinas Perhubkominfo Toba Samosir yang diwakili Kepala Bidang Kominfo Sesmon TB. Butarbutar dan beberapa pejabat stukrutran eselon 3 dan 4 Pemkab Toba Samosir diantaranya Ojak Samosir, SH, Sondang RY. Situmeang, M. Pasaribu, undangan dari Badan Riset dan Teknologi, dan para tamu undangan dari Jakarta dan Prov. Sumatera Utara serta para orang tua,  insan pers se-Kabupaten Toba Samosir. (mctobasa/sesmontb/jos)

Back To Top
×Close search
Search