skip to Main Content

HUT Ke-17 Pemkab Toba Samosir Tahun 2016 Digelar di Setiap Kecamatan

Balige, MCTobasa  – Perayaan hari jadi Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tahun 2016 yang jatuh pada bulan Maret ini, disemarakkan di masing-masing kecamatan dengan menggelar berbagai kegiatan. Puncak Perayaan di 16 kecamatan pada tanggal 15 Maret dengan kegiatan yang dikemas masing-masing kecamatan.

Seperti halnya di Kecamatan Uluan, kata Robert Manurung Camat Uluan, Kamis (18/2), untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Toba Samosir yang ke-17 ini akan menggelar kegiatan gerak jalan untuk tingkat SD, syukuran Ibadah pemotongan kue ulang tahun, serta ucapan-ucapan syukuran.

Di Kecamatan Borbor, kata Sekretaris Camat James Pasaribu, juga mengemas berbagai kegiatan olahraga di antaranya tarik tambang tingkat SD dengan jumlah pesertanya 12 sekolah dan lomba lari.

Sementara Kecamatan Balige yang merupakan Ibukota Kabupaten Toba Samosir, berbagai kegiatan akan dikemas di antaranya Tortor, dan Martumba.

Kegiatan ini akan melibatkan peserta dari tingkat SD yang pelaksanaannya sehari sebelum perayaan di kecamatan yang dipusatkan di Balai Desa Balige dengan jumlah peserta 16 tim dan menampilkan 5 tema yakni tentang Panorama Alam, Geopart Kaldera, Perjuangan, Kecintaan terhadap Tuhan dan keindahan Danau Toba.

Kegiatan olahraga lainnya lanjut Camat Sahala Siahaan adalah catur antar sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan Bola Voli yang melibatkan peserta dari masyarakat dari 35 desa dan Kelurahan se-Kecamatan Balige bertempat di Lapangan Sisingamaraja XII..

Tim desa/kelurahan ini akan memperebutkan Tropy, piagam dan uang pembinaan, dimana juara I mendapat uang pembinaan Rp4 juta, juara II sebesar Rp3,5 juta, dan Juara III sebesar Rp3 juta, juara Harapan mendapat dana pembinaan sebesar Rp2,5 juta.

Dan masing-masing peserta/tim dari setiap tim desa/kelurahan yang tidak mendapat kejuaraan akan diberikan uang pembinaan sebesar Rp385.000 serta uang transpot kepada setiap tim.

Untuk kegiatan cabang olahraga catur usia 13 sampai 16 tingkat dan berstatus bersekolah di kecamatan Balige pelaksanaan digelar tanggal 3 sampai 4 Maret bertempat di Aula SMKNI Balige.

Cabor ini diikuti 72 peserta yang akan bertanding dengan memperebutkan juara I sampai harapan III. “Bagi yang belum mendapat juara akan diberikan uang pembinaan, sedangkan sebagai perwasitan melibatkan Pengcab Percasi,” ujarnya.

Dengan memperebutkan juara I sampai harapan III dengan berbagai rincian uang pembinaan yang akan diserahkan, bagi peserta yang belum mendapat juara juga akan diberikan uang pembinaan sebesar Rp 200.000.

Untuk penyerahan hadiah bagi peserta juara-juara akan dilaksanakan pada hari perayaan HUT tepatnya di tanggal 15 Maret mendatang, katanya.

Sementara itu Kabag Tapem Harapan Napitupulu kepada media melalui telepon selulernya mengatakan, perayaan hari jadi ke-17 Kabupaten Tobasa Tahun 2016  akan dilaksanakan tanggal 11 Maret 2016 mendatang dengan berbagai kegiatan antara lain Rapat Paripurna Istimewa DPRD Tobasa dan Resepsi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tobasa di Balige.

Kemudian acara perayaan diilaksanakan pada 16 kecamatan secara serentak tanggal 15 Maret dan kegiatan dikemas masing-masing kecamatan.

“Untuk jenis-jenis kegiatan dalam memeriahkan hari Jadi ke-17 Kabupaten Toba Samosir ini disetiap kecamatan diserahkan kewenangan sepenuhnya,  sampai saat ini masih demikian perencanaan yang sudah ada. Namun masih akan disempurnakan melalui  petunjuk pimpinan,” ujar Harapan. (mctobasa/sesmontb/vit)

Back To Top
×Close search
Search