skip to Main Content
HKN Ke-50 Tahun Ini, Menjadi Inspirasi Pembangunan Kesehatan Bangsa Indonesia

HKN Ke-50 Tahun ini, Menjadi Inspirasi Pembangunan Kesehatan Bangsa Indonesia

Balige, mctobasa- Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) Liberty Pasaribu, SH., M.Si mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-50 tahun ini, dapat menjadi inspirasi dalam mempercepat perwujudan pembangunan kesehatan bangsa Indonesia, yang sehat jasmani, rohani, sosial serta bermutu produktif dan berdaya saing.

Percepatan perwujudan pembangunan kesehatan dimaksud, adalah percepatan pembangunan yang mengutamakan upaya promotif preventif seperti penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, peringatan HKN ini katanya, dapat juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan.

“Peringatan HKN ini dapat juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk mensosialissikan kebijakan kebijakan pembangunan yang berwawasan kesehatan,” katanya, Rabu (4/12), di Parsoburan, Kecamatan Habinsaran, pada peringatan HKN Ke-50 tingkat Kabupaten Tobasa.

Pada peringatan HKN bertema “Sehat Bangsaku Sehat Negeriku” ini, hadir unsur paramedis seperti diantaranya bidan, perawat, dokter perwakilan dari Puskesmas se Kabupaten Tobasa. Demikian juga Uspika Kecamatan, Kelompok Lanjut Usia (Lansia), Staf Ahli Bupati dan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat.

Untuk mengisi acara, kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan bantuan Lansia Kit pada kelompok lansia binaan Puskesmas Habinsaran, bantuan peralatan kebersihan bagi sekolah dalam rangka PHBS dan Kartu BPJS kepada perwakilan masyarakat oleh Wakil Bupati Liberty Pasaribu, SH., M.Si dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tobasa Drs. Audi Murpy Sitorus, SH., M.Si.

“Manfaatkanlah bantuan ini dengan baik, agar manfaatnya juga maksimal, secara khusus kepada guru yang mewakili penerima bantuan peralatan kebersihan, agar berperilaku hidup sehat sejak dini, seperti mencuci tangan dengan bersih, setelah buang air besar dan kecil di toilet yang bersih pula”, kata Wabup. Liberty.

Pada akhir acara Kelompok Lansia binaan Puskesmas Habinsaran menampilkan senam pocopoco bersama Ny. Agustina Liberty Pasaribu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Frida Sinaga dan Uspika Kecamatan Habinsaran. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search