skip to Main Content
Hari Kesadaran Nasional Dirangkai Dengan Hari Bakti Rimbawan

Hari Kesadaran Nasional Dirangkai Dengan Hari Bakti Rimbawan

PRA KONDISI PEMBANGUNAN KEHUTANAN MENUJU KEHUTANAN BARU DIPERSIAPKAN

Pemerintah berkepentingan agar sumber daya hutan yang luas harus diurus, dikelola, diusahakan, dikonservasi, dilindungi, direboisasi dan dihijaukan secara berkelanjutan, untuk mewujdkan pengelolaan hutan lestari dan memakmurkan bangsa. Karena itu, pembangunan kehutanan menuju kehutanan baru diarahkan kependekatan ekosentris yang menyeimbangkan manusia sebagai bagian dari mata rantai ekosistem.

Demikian sambutan tertulis Menteri Kehutanan RI yang disampaikan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkai dengan Hari Bakti Rimbawan sekaligus Hari Hutan Internasional Tahun 2014, di Lingkungan Pemkab Tobasa, yang dilaksanakan di pelataran Kantor Bupati Tobasa, Senin (17/08) di Balige.

Hari-Kesadaran-Nasional-Dirangkai-Dengan-Hari-Bakti-Rimbawan

Lebih lanjut disebutkan, dalam menuju kehutanan baru, harus disiapkan pra-kondisinya, menyangkut kebijakan kehutanan yang mengedepankan dialog para pihak. Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan inovasi, kreatifitas, pengetahuan, ketrampilan, kesetaraan serta akuntabilitas seluruh rimbawan bersama-sama dengan masyarakat. Para rimbawan secara khususnya, diminta mampu mengimplementasikan tanggung jawab keilmuan dan manajerial menuju kehutanan baru.

Untuk menyemangati  para rimbawan dalam kiprahnya, Hari Bakti Rimbawan ke-31 Tahun 2014 kali ini mengangkat thema “Dengan Semangat Bakti Rimbawan, Kita tingkatkan Soliditas menuju Kehutanan Baru”. Sedangkan, Hari Hutan Internasional mengangkat tema “Hutan Kita, Masa Depan Kita”. Disebutkan, tema ini sangat relevan dalam upaya menjaga, melindungi, mengkonservasi, mereboisasi, menghijaukan dan mengusahakan hutan secara lestari.

Untuk mendukung pembangunan kehutanan baru di Tobasa, Kementerian Kehutanan memberikan bantuan hibah barang dan peralatan, berupa kendaraan roda empat sebanyak 1 (satu) unit, kendaraan roda dua sebanyak 3 (tiga) unit. Juga diserahkan peralatan berupa peralatan kantor, operasional kantor dan peralatan survey.

Secara simbolis, barang dan peralatan ini diserahkan langsung Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak disaksikan Sekdakab Liberty Manurung, yang masing-masing diterima Kadis Kehutanan Alden Napitupulu, Kepala KPHL model Toba Samosir Pairen dan para Kepala Resort Polisi Kehutanan Lumban Julu, Balige dan Porsea.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top
×Close search
Search