skip to Main Content
DISHUBKOMINFO TOBA SAMOSIR IKUTI BIMTEK TATA KELOLA MEDIA CENTER DI PONTIANAK

DISHUBKOMINFO TOBA SAMOSIR IKUTI BIMTEK TATA KELOLA MEDIA CENTER DI PONTIANAK

Pontianak, MCTobasa – Dalam rangka memberikan pemahaman dan literasi pelaksanaan tugas pokok, dan fungsi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Sub Direktorat  Pengelolaan Informasi Media Publik Online, Kemkominfo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Media Center untuk Petugas Pengelola Media Center (MC) Daerah selama tiga hari, sejak 20 hingga 22 Mei 2015 di Hotel Mercure, Pontianak.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik melalui Direktur Pengelolaan Media Publik (PMP) Kemkominfo RI, Sunaryo, Rabu Malam, (20/5).

Sunaryo mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan pelaksanaan Bimtek Pengelola Media Center dari 56 Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia dengan sasaran utama.

Bimtek ini diharapkan Pemerintah Daerah Penerima/Pengelola Media Center dapat mengelolanya sesuai dengan fungsinya yakni sebagai sarana diseminasi informasi, sebagai  kontributor berita dan foto pada media info publik dan mampu memberikan informasi yang benar, tepat dan akuntabel pada masyarakat di daerahnya.

Sebelumnya, Kasubdit Media Online Drs. Hipo Layanan, MAP, mengatakan, pelaksanaan Bimtek Tata Kelola Media Center untuk Petugas Pengelola Media Center Daerah diikuti oleh 56 Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia.

Secara khusus Media Center Kabupaten Toba Samosir yang dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Sesmon TB. Butarbutar, S.Pd., M.Si

Sejak Media Center tersebut diresmikan oleh Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak telah memberikan dan melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai kontributor berita dan pengelola media center kategori baik dari Provinsi Sumatera Utara.

Lebih lanjut, Hipo Layanan, menjelaskan agar daerah yang baru menerima bantuan Media Center dapat mencontoh kinerja bidang kominfo Pemkab. Toba Samosir.

Pelaksanaan Bimtek Tata Kelola Media Center ini mempunyai sasaran yaitu agar para peserta benar-benar memahami peranan MC sebagai sarana media publik seperti para jurnalis/wartawan daerah, sebagai diseminasi informasi bagi pelajar, masyarakat dan sebagai pemberi informasi yang benar secara luas melalui portal www.infopublik.id yang dikelola oleh Kemkominfo.

Kegiatan Bimtek dilanjutkan dengan paparan dari para narasumber yang profesional bidang pengelolaan informasi, berita yang cukup dikenal di republik ini di antaranya wartawan dari Majalah Tempo, Majalah Gatra, Kompas.com, redaktur nusantara Info Publik dan lain-lain.

Diharapkannya, agar para peserta memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, menggali informasi dari para narasumber bagaimana berita/informasi dan gambar yang akan dibuat/ditayangkan atau disampaikan dapat menerapkan konsep 5 W + 1 H.

Dalam kesempatan ini, Direktur PMP Sunaryo di dampingi oleh Kasubbdit Media Online Drs. Hipolyptus Layanan memberikan piagam penghargaan kepada Pengelola Media Center Terbaik tahun 2014 yakni Media Center Provinsi Riau, Media Center Kota Batam dan Media Center Kota Singkawang Propinsi Kalimantan Barat. (mctobasa/sesmontb/edu))

Back To Top
×Close search
Search