skip to Main Content

Dinas Pendidikan Tobasa Targetkan Pendidikan Berkualitas

Balige, MCTobasa  – Program Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosirtahun 2015 adalah menargetkan kualitas pendidikan yang bermutu sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Toba Samosir.

“Dan untuk mendukung program ini, Disdik Tobasa membangun pendidikan fisik dan non fisik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir Drs. Lalo Simanjuntak, di ruang kerjanya, Selasa ( 25/2).

Dalam pelaksanaannya, dari segi fisik telah dilakukan penambahan dan memperluas akses pendidikan di Kabupaten Toba Samosir. “Pembangunan ruang kelas, penambahan unit sekolah  dan penambahan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, merupakan faktor pendukung untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang bermutu,” paparnya.

Menurut Lalo Simanjuntak , untuk penambahan unit sekolah baru di kabupaten tersebut telah dilakukan semenjak kepemimpinan Bupati  Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan yang sudah terbangun sebanyak 10 unit sekolah.

Di ntaranya SD Aek Natolu, SMP Parmaksian, SMP Batu Mamak, SMP 6 Paindoan, SMP Pagar Gunung, SMA Ajibata, SMA Parmaksian, SMK Tampahan, SMK Nassau dan SMK Sigumpar.

Tahun terakhir untuk tingkat SMA/ SMK ada 5 unit sekolah baru yang telah dibangun dan tingkat SMP sebanyak 4 unit sekolah baru, sedangkan untuk tingkat SD telah dibangun 1 unit sekolah baru.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Rudi Hasiholan, M.Si mengatakan untuk honorarium tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berasal dari Dana BOS dan Komite Sekolah.

Namun saat ini, kabupaten ini masih tetap membutuhkan tenaga pendidik. Jumlah tenaga pendidik masih kurang, seiring dengan bertambahnya unit sekolah baru, dan salah satu penyebabnya adalah banyak tenaga pendidik yang sudah pensiun.

“Sedang penerimaan CPNS beberapa tahun terakhir ini tidak seimbang dan hal inilah yang kita maksud dengan penambahan tenaga pendidik namun untuk honornya diambil dari Dana BOS dan Dana Komite sekolah,” kata Rudi.

Selain itu, dari segi non fisik Pemkab Toba Samosir melalui Dinas Pendidikan telah melakukan peningkatan wawasan dan ilmu terhadap tenaga pendidik dengan menyelenggarakan even dan melakukan pelatihan guna meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut. (mctobasa/sesmontb/amir)

Back To Top
×Close search
Search