skip to Main Content

Desk Pilkada Toba Samosir Lakukan Rapat Persiapan

Balige, MCTobasa – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, melalui Tim Desk Pilkada yang sudah dibentuk, telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti KPU dan Panwaslih Toba Samosir.  Untuk pemantapan, Tim Desk Pilkada melaksanakan rapat, di Balai Data Kantor Bupati Tobasa, Selasa (17/11).

Rapat tersebut dilaksanakan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah/ Wakil Kepala Daerah Kabupaten Toba Samosir, pada 9 Desember 2015 mendatang, dengan mempedomani ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua KPU Tobasa  Rinto P. Hutapea menyampaikan informasi terkait persiapan Pilkada di antaranya persiapan logistik, yang pada tanggal 16 November 2015 telah menerima surat suara ditambah surat suara untuk pemilihan ulang, namun untuk alat-alat logistik alat kelengkapan TPS seperti tinta, segel,dan lain-lain masih dalam progress.

Dalam rapat itu, selain permasalahan logistik, terungkap juga masih adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan untuk itulah dalam rapat kali ini pihak Kependudukan dan Catatan Sipil juga memohon kerjasama dari para camat untuk segera mengisi formulir F101 yang merupakan acuan untuk memberikan NIK.

DPT Tobasa pada Pemilu Legislatif lalu sebanyak 129.172.000 dan ditambah DPT Tambahan sebanyak 388 orang. Terkait DPT ini, dari 2.167 orang yang tidak memiliki NIK ada 1.067 orang yang belum memiliki NIK karena belum mengisi formulir F101 tersebut.

Sementara Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian,SH,MH mengatakan kerawanan yang sangat menonjol sesungguhnya adalah mengenai ketiga pasangan calon, di antaranya adanya kerawanan kotak suara hilang dan permasalahan money politic. Untuk itu, ia tidak henti-hentinya mengingatkan agar jangan ada politik uang.

Dalam rapat ini, Plt.Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Tobasa Drs.Sangkap Pasaribu bertanya kepada pihak KPU Tobasa tentang apakah bentuk sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU termasuk dalam sosialisasi dari Tim Desk karena adanya anggaran dari  masing-masing instansi.

Pertanyaan ini langsung dijawab oleh pihak KPU bahwa KPU dan Tim Desk masing-masing mempunyai anggaran untuk sosialisasi.

Pj.Bupati Tobasa Hasiholan Silaen,SH berharap pelaksananan Pilkada 2015 di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) bisa menjadi contoh dalam pelaksanaan Pilkada di Provinsi Sumatera Utara. “Untuk itu mari berbuat, melangkah dengan hati yang tulus, berpegang sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Selain itu, Pj. Bupati juga menyampaikan pesan agar aparatur terkait pemerintah daerah melakukan fasilitas persiapan yang meliputi sosialisasi pelaksanaan Pilkada, Memberikan Informasi kepada masyarakat. “Jangan sampai  ada lagi permasalahan mengenai DPT dan NIK,” katanya.

Turut hadir Sekdakab Tobasa Drs.Audi Murphy O.Sitorus SH,Msi , Mewakili Kajari Balige, Ketua PN Safril P.Batubara SH,MH Balige, Mewakili Dandim, Kapt. Inf Merayot Simanjuntak, para Pejabat dan Camat se-Kab.Tobasa. (mctobasa/sesmontb/sar)

Back To Top
×Close search
Search