skip to Main Content
Camat Dan Kades/Lurah Harus Dapat Menggalakkan Gotong Royong

Camat Dan Kades/Lurah Harus Dapat Menggalakkan Gotong Royong

Balige, MCTobasa – Gotong royong adalah warisan leluhur rakyat kita, maka pemimpin seperti Camat, Kades/Lurah akan dikatakan sukses apabila dapat menggalakkan gotong royong di daerah masing-masing. Semangat Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) juga harus digelorakan di seluruh masyarakat Toba Samosir.

Hal ini dikatakan oleh Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH., M.Si pada saat peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-43 Tingkat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), di Pantai Pasir Putih Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige,  Senin (13/7).

“Jika semangat gotong royong dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga benar-benar menggelora pada diri masyarakat, maka saya sangat yakin, kita akan mampu maju terus dan mencapai cita-cita masyarakat untuk mengejar ketertinggalan dan keterbelakangan menuju kemajuan di dalam persatuan dan kesatuan,” katanya.

Liberty Pasaribu di hadapan para Camat, Kepala Desa, Pengurus PKK Desa dan Kelurahan Se-Kabupaten Tobasa, juga mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan BDSN dan Bank Sumut Cabang Balige yang bantuan peralatan gotong royong kepada Camat dan Kepala Desa dan Tim Penggerak PKK.

Sebelumnya, Wakil Ketua PKK Tobasa Ny. Agustina Liberty Pasaribu membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, bahwa tema peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 Tahun 2015 adalah “Dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 Kita Satukan Langkah Nyata Dalam Upaya Meningkatkan Keluarga Indonesia Yang Lebih Sejahtera.”

Tema ini mengandung makna bahwa dengan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK, diharapkan TP PKK sebagai mitra pemerintah memberi dukungan sepenuhnya dalam pelaksanaan program pembangunan pemerintah sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga Indonesia.

“Setiap pengurus dan anggota PKK supaya lebih peka, memperhatikan, mengajak masyarakat untuk berbuat secara nyata di lapangan apa kebutuhan, apa yang perlu dilakukan dalam bidang apa saja yang berhubungan langsung dengan masalah kesejahteraan masyarakat seperti bidang sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain-lain,” kata Ny. Agustina Liberty Pasaribu.

Selanjutnya Panitia Peringatan membacakan daftar pemenang Lomba Desa Binaan TP.PKK Kecamatan Tahun 2014 dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Kabupaten Tobasa.

Untuk kategori Lomba Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK, sebagai Juara 1 Desa Sinarsabungan Kecamatan Bonatua Lunasi, Juara 2 Desa Napitupulu Kecamatan Silaen, Juara 3 Desa Pintu Pohan Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Juara harapan 1 Desa Bius Gu Barat Kecamatan Parmaksian.

Sedangkan Pemenang Lomba Pelaksanaan Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) adalah sebagai Juara 1 Desa Parbagasan Janji Matogu Kecamatan Uluan, juara 2 Desa Dolok Jior Kecamatan Sigumpar, Juara 3 Desa Lumban Rau Utara Kecamatan Nassau.

Pemenang Lomba Untuk Kategori Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga(UP2K) PKK Juara 1, Desa Hutabulu Mejan Kecamatan Balige Juara 2, Desa Parparean I Kecamatan Porsea Juara 3, Desa Sionggang Tengah Kecamatan Lumban Julu.

Sementara Pemenang Lomba Pelaksana Pemanfaatan Tanah Pekarangan (Hatinya PKK) Juara 1, Desa Siraja Gorat Kecamatan Laguboti Juara 2, Desa Gurgur Aek Raja Kecamatan Tampahan Juara 3,  Desa Hutagugur Kecamatan Borbor.

Dan untuk kategori Pemenang Lomba Pelaksana Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga) Juara 1, Desa Parsoduran Barat Kecamatan Habinsaran Juara 2, Desa Narumonda VII Kecamatan Siantar Narumonda Juara 3, Desa Parsaoran Sibisa Kecamatan Ajibata. (mctobasa/sesmontb/hs/jhb)

Back To Top
×Close search
Search