skip to Main Content
Bupati Toba Samosir: Pemuda Harus Mampu Mempertahankan Nilai-nilai Kebudayaan

Bupati Toba Samosir: Pemuda Harus Mampu Mempertahankan Nilai-nilai Kebudayaan

Balige,  MCTobasa – Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, pemuda sebagai generasi penerus bangsa dituntut untuk selalu berperan aktif di tengah adanya perubahan jaman, sebagai penggerak pembangunan dan mampu mempertahankan nilai-nilai kebudayaan.

“Juga norma-norma/etika keberadapan masyarakat, secara khusus di Kabupaten Toba Samosir,” katanya saat menghadiri acara pelantikan Pengurus Markas Cabang Laskar Merah Putih Kabupaten Toba Samosir, di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, Selasa (12/8).

Ia mengharapkan kehadiran Forum Bersama Markas Cabang Laskar Merah Putih Kabupaten Toba Samosir, bersama pemerintah dan masyarakat, mengawal dan menjadi penggerak pembangunan, sehingga pembangunan di Kabupaten Toba Samosir akan berkelanjutan menuju masyarakat sejahtera.

Turut hadir pada acara pelantikan Ketua Laskar Merah Putih Provinsi Sumut Darwin H Lubis, Ketua Umum Markas Besar LMP H Adek Ervil Manurung, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Netty Pardosi, Sekdakab Toba Samosir Audy Murphi Sitorus, SH., M.Si, Kapolres Tobasa AKBP. M. Edi  Faryadi, SH, Sik, MH, Kajari Balige Harly Siregar, SH.

laskarDalam sambutan Ketua Forum Komunikasi Antar Lintas Adat (Forkala) Toba Samosir E Sibarani mengatakan Forkala akan bekerjasama dengan LMP untuk menjaga keutuhan daerah Toba Samosir.

Serta, mendukung pembangunan, mengawal pembangunan dan pemerintahan untuk bekerja lebih baik serta berupaya untuk turut menaikkan pendapatan asli daerah dari sisi sumber daya alam serta potensi yang dimiliki daerah Toba Samosir.

Sementera Ketua Umum Markas Besar LMP H Adek Ervil Manurung dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya terhadap masyarakat Toba Samosir.

Ia berharap kepada seluruh anggota LMP Toba Samosir yang baru dilantik agar tidak memperalat atribut organisasi untuk menakut-nakuti masyarakat, tetapi jadilah sebagai pengayom dan menjadi garda terdepan menjaga keutuhan dan stabilitas warga.

“Laskar Merah Putih bukan organisasi premanisme, akan tetapi organisasi masyaralat yang mempunyai budi baik dan cerdas serta berkomitmen menjaga kesatuan dan persatuan NKRI sebagai harga mati secara khusus di Kabupaten Toba Samosir,” katanya.

Selanjutnya Bresman Simangunsong, ST, Ketua FB Macab LMP Tobasa yang baru dilantik dalam sambutannya, mengatakan kehadiran LMP di Kabupaten Toba Samosir akan mengemban tugas berat untuk memperjuangkan keutuhannya serta menjadi inspirasi bagi pemerintah untuk membangun daerah Toba Samosir.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Mangapul Siahaan, S.Si dalam laporannya mengatakan, pembentukan LMP di Tobasa didasari oleh kecintaan terhadap daerah Kabupaten Toba Samosir.

Dengan legalitas organisasi ini diharapkan seluruh pengurus sepakat mengawal pembangunan di bawah kepemimpinan Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak sehingga dapat terlaksana demi kesejahteraan seluruh masyarakat.

”Kami melihat APBD Toba Samosir dibawah kepemimpinan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak sejak 2010 sampai tahun 2014 secara signifikan mengalami peningkatan yang berarti yakni dari kisaran Rp450 juta, hingga berada pada posisi Rp700 miliar,” kata Mangapul.  (mctobasa/sesmontb/js/edu)

Back To Top
×Close search
Search