skip to Main Content
Bupati Tobasa Kukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat

Bupati Tobasa Kukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat

Balige, MCTobasa – Dalam mendukung pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian melalui Asisten Adm.Pembangunan Ir. Jhon Piter Silalahi, MT, mengukuhkan kepengurusan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan se-Kabupaten Tobasa, Jumat (8/4) bertempat di Balai Data Lanati IV Kantor Bupati Toasa. Kepengurusan KIM yang dikukuhkan tersebut sebanyak 16 kelompok yang tersebar di 16 Kecamatan se Kabupaten Tobasa.

Dalam sambutan Bupati Tobasa yang dibacakan Asisten Adm. Pembangunan setdakab. Tobasa Jhon Piter mengatakan keberhasilan dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sangat ditentukan oleh adanya komunikasi yang baik antara pemerintah selaku pejabat publik yang menetapkan kebijakan-kebijakan publik dengan masyarakat.

Sejalan dengan hal itu, menurutnya, Pemkab Tobasa merasa perlu untuk membentuk KIM. “KIM yang dikukuhkan telah mencapai target karena telah mewakili seluruh kecamatan yang ada di Tobasa.Keberadaan KIM di tengah-tengah masyarakat sangat penting, karena selain berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya, juga sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok.

Jhon Piter mengharapkan agar setiap kelompok dapat bertukar informasi dengan kelompok lainnya, sehingga semua kelompok dapat maju secara bersama-sama. “Di era teknologi dan informasi sekarang ini, setiap informasi itu sangat penting. Makanya, di antara kelompok yang sudah terbentuk kiranya bisa saling berbagi informasi,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prop. Sumatera Utara melalui Kabid. SDPI Dra. Afini mengatakan apreasasi kepada Pemkab. Tobasa yang telah memberikan perhatian dan telah membentuk KIM pada seluruh kecamatan di daerah ini.Semoga keberadaan KIM di daerah ini menjadi bagian dari penyelenggaraan pemerintahan sehingga segala informasi pembangunan yang sudah dan akan dilaksanakan dapat terinformasikan kepada seluruh masyarakat.

Selanjutnya Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Sesmon TB. Butarbutar, S.Pd., M.Si mengatakan bahwa dalam acara pengukuhan ini, KIM yang berasal dari Kecamatan Uluan akan mempertunjukan cerita melalui thema “KIM siap menyongsong Otorita Kawasan Pariwisata Danau Toba”

Keberadaan KIM yang ada di 16 kecamatan se-Kabupaten Toba Samosir akan menjadi corong dan mitra pemerintah dalam memberikan informasi pembangunan terkait dengan rencana pemerintah pusat dalam mengembangkan destinasi wisata Danau Toba, lanjut Sesmon.

Lebihlanjut ditegaskan Kabid. Kominfo Sesmon TB, bahwa pada tanggal 20 dan 27 April mendatang Pemkab. Toba Samosir akan mengirimkan peserta lomba Pertunjukan Rakyat dan peserta lomba KIM yang telah dibinanya untuk mengikuti lomba Petra dan KIM tingkat Prop. Sumatera Utara di Medan.

Kita mengharapkan tim yang akan mengikuti lomba tersebut mendapat penghargaan dengan membawa harum Pemkab. Toba Samosir pada tingkat propinsi dan bahkan tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Propinsi Kalimantan Timur mendatang pada kegiatan Pekan Informasi Nasional (PIN), harapnya.

Turut hadir dalam acara itu, seluruh camat se- Kabupaten Tobasa, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, tokoh masyarakat,insan pers/lsm. (mctobasa/stb)

Back To Top
×Close search
Search