skip to Main Content
Bupati Tobasa Ikut Ajari Siswa/i SD Bernyanyi Dan Berhitung

Bupati Tobasa Ikut Ajari Siswa/i SD Bernyanyi dan Berhitung

Balige, MCTobasa – Plt Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu SH MSi, ikut mengajari siswa/i SD Negeri 173541 Bonan Dolok III Kecamatan Balige bernyanyi dan berhitung. Tugas guru ini dilakukan, sebelum meresmikan irigasi PNPM-MPd tahun anggaran 2014, Jumat (22/5).

Liberty berkunjungan ke SD tersebut didampingi Sekda Audi Murphy Sitorus, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Sekretaris Rudi Sitompul dan pejabat lainnya.

Setiba di sekolah tersebut, langsung ia memasuki ruang kelas 3 dan disambut guru kelas Nurbeni Siagian. “Anak-anak, belajar yang baik ya. Patuh sama guru dan orangtua. Jangan nakal, karena orang baik, disayang Tuhan,” kata Liberty.

Mendengar nasehat itu, siswa/i secara serentak menjawab, “iya pak”.  Liberty kembali bertanya. “Siapa yang tahu bernyanyi, coba tunjuk tangan”. Semua siswa/i kelas tiga pun tunjuk tangan. “Kalau begitu ayo, berdiri, saya yang pimpin, mari kita bernyanyi bersama,” katanya.

Lagu yang dinyayikan berjudul “Hari ini, Hari Tuhan”. Usai bernyanyi, Bupati Liberty mengatakan, “Hari ini hari Jumat, berarti hari ini hari Tuhan,” katanya. “Iya pak,” jawab siswa/i serentak.

Diruang kelas 3, Liberty hanya kurang lebih 20 menit. Setelah itu, kunjungannya berlanjut ke ruang kelas 2. Disana ia memberikan motivasi agar siswa/i kelak menjadi orang sukses. Beberapa menit kemudian, ia beranjak lagi ke ruang kelas 1 dan mengajari siswa berhitung.

“Ini berapa,” tanya Plt Bupati kepada Lia Batubara, salah seorang siswi. Dengan polosnya, Lia menjawab “satu pak”. “Kalo ini, berapa,” tanya Liberty lagi. Tak mau kalah, Lia kembali menjawab “tiga pak.” “Satu tambah tiga, berapa,” tanyanya untuk ketiga kalinya. Mendengar itu, Lia gugup dan terdiam, lantas Plt Bupati mengatakan “tiga” sambil memeluk Lia dengan penuh kasih sayang.

Usai mengajar, Liberty bersama rombongan melihat lingkungan sekolah. Menurut penilaiannya ruang kelas dan lingkungan sekolah itu rapi dan bersih. “Terimakasih iya, ibu luar biasa, sekolah yang ibu pimpin rapi dan bersih, tolong dipertahankan,” katanya dihadapan ratusan warga masyarakat Desa Bonan Dolok III dan pejabat yang berkumpul untuk mengikuti peresmian irigasi PNPM-MPd.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 173541 Bonan Dolok III, Tabita Siagian ketika diminta komentarnya, ia mengaku sangat terharu.

Ia mengatakan baru kali itu Kepala Daerah datang mengunjungi sekolah dasar tersebut dan mengajar, meskipun hanya beberapa menit. “Ini suatu penghargaan sekaligus motivasi bagi kami, khususnya bagi siswa/i untuk berbuat lebih baik lagi,” katanya.

Nurbeni Siagian, guru kelas 3, juga mengatakan serupa. Ia mengaku senang dan bangga. Bupati datang mengunjungi sekolah tempat ia mengajar dan memberi semangat bagi mereka.

“Kami sangat senang, pak Bupati datang berkunjung, dan ini akan kami jadikan sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik lagi,” katanya. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search