skip to Main Content
Bupati Tobasa: Bila Tak Layak, Ingatkan Saya

Bupati Tobasa: Bila Tak Layak, Ingatkan Saya

Balige, MCTobasa – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 mendatang, sejumlah nama-nama bakal calon (balon) yang akan maju merebut kursi Toba Samosir 1 menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya adalah balon incumbent, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Kasmin sendiri mengakui hal pencalonan dirinya. Namun demikian, Ia meminta masyarakat menilai kinerjanya selama menjabat.

“Saya memang berniat untuk maju kembali melanjutkan pembangunan di Tobasa yang kita cintai ini. Namun demikian, saya serahkan kepada seluruh masyarakat Tobasa. Bila saya tak layak, ingatkan saya,” tutur Kasmin menjawab sejumlah apresiasi masyarakat yang secara tidak langsung menyampaikan dukungannya ketika pertemuan di Kecamatan Sigumpar, Kamis (18/12).

Tentang pencalonan itu, katanya tidak terlepas dari anugrah Tuhan. Meski masyarakat memintanya untuk kembali maju, namun tetap harus sesuai dengan kehendak Tuhan. “Bila Tuhan berkehendak, mengapa tidak mungkin,” katanya.

Diakuinya, motivasi dan dukungan yang sama bukan saja dari warga Kecamatan Sigumpar, namun dukungan yang sama sering terungkap di berbagai pertemuan dengan masyarakat daerah lainnya yang ada di Tobasa.

Seperti ketika kunjungan kerja dengan seribuan warga desa dan perangkat Desa Partoruan Lumban Lobu, Kecamatan Bonatua Lunasi, Rabu (17/12). Tokoh masyarakat setempat Thomas Butarbutar (47) mengakui, pembangunan khususnya didaerahnya merupakan wujud kepedulian Bupati Kasmin dalam membangun dan mensejahtrakan masyarakat Tobasa. Karena itu, dia berharap, Bupati Kasmin mau melanjutkan pembangunan tersebut pada periode berikutnya.

Hal serupa juga disampaikan Poltak Sirait, selaku warga setempat, dia cukup bangga dengan gaya kepemimpinan Bupati Kasmin yang mau langsung mengunjungi warganya. “Dengan gaya kepemimpinan seperti itu, maka beliau paham apa yang menjadi kebutuhan masyarakat desa. Gaya pemimpin yang demikian masih dibutuhkan untuk memimpin Tobasa di masa mendatang,” akunya.

Antusiasme warga itu menurut Kades Partoruan Lumban Lobu Janso Butarbutar merupakan bukti besarnya harapan dan keinginan warga agar Bupati Kasmin Simanjuntak dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dicanangkannya selama ini.

Kata Janso, Desa Partoruan Lumban Lobu merupakan desa yang masih baru dimekarkan, namun geliat pembangunan di desanya sudah sangat berkembang.  Diakuinya, di era kepemimpinan Bupati Kasmin, desanya telah menikmati sejumlah pembangunan infrastruktur yang didanai APBD, seperti di Dusun Panggarukan yang sudah menikmati fasilitas penerangan listrik. Kemudian di Dusun 3 sudah dibangun jembatan, sehingga jalur transportasi semakin baik untuk mengangkut hasil produksi pertanian warga. Disamping itu, lanjutnya, di desanya juga sudah membangun irigasi lewat program PNPM dan berbagai bantuan program pertanian lainnya. “Kami sudah menikmati hasil pembangunan yang dicanangkan Pak Bupati,” katanya.

Kades Lumban Sangkalan Antoni Sitorus, juga menguraikan pelaksanaan pembangunan di daerahnya yang sudah maju. Saat ini, kata Antoni, jalan desa di desa yang dipimpinnya telah mendapat pengaspalan hingga mencapai 90 persen, yang meningkat dengan signifikan. Hal itu menurutnya sangat berpengaruh untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Hal seperti itulah yang menurutnya patut di dukung. (mctobasa/sesmontb/edu)

Back To Top
×Close search
Search