skip to Main Content
Bupati Toba Samosir Kukuhkan Paskibra

Bupati Toba Samosir Kukuhkan Paskibra

Balige, MC – Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak secara resmi mengukuhkan 29 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Toba Samosir, dalam suatu upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Toba Samosir Jl. Sutomo Pagar Batu, Balige, Jumat (15/8).

Paskibra tersebut, akan bertugas pada upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-69 Tingkat Kabupaten Toba Samosir, Minggu (17/8), dan sebagai pasukan penurunan bendera pada sore harinya (aubade).

Acara pengukuhan tersebut antara lain dihadiri oleh Sekda Kabupaten Toba Samosir  Audy Murphi Sitorus, SH., M.Si, Kepala Dinas Sosial Ir. TH. Sitorus, Kepala Dinas Pendidikan Drs. LH. Simanjuntak, Kajari Balige Harly Siregar, SH,  Kapolsek  Balige AKP. Gibson Siagian, Danramil Balige M. Simanjuntak.

Rangkaian acara pengukuhan diawali dengan pembacaan Panca Setya Remaja Indonesia dan Janji Taruna oleh Ester Simamora Siswa SMAN 1 Balige, kemudian dilanjutkan dengan penyematan pin merah putih secara simbolis oleh Bupati sebagai tanda pengukuhan, dilanjutkan dengan mencium bendera merah putih oleh setiap personil Paskibra.

Seluruh anggota Paskibra  pada saat acara mencium bendera merah putih yang berlangsung dengan sangat hikmat dan tenang, dengan tidak sadar mereka meneteskan air mata, mengingat tidak mudah menjadi seorang Paskibra dengan amanat dan tugas yang mulia.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam amanatnya, menyampaikan bahwa anggota paskibra adalah orang-orang pilihan dari perwakilan sekolah menengah atas dari 16 kecamatan se-Kabupaten Toba Samosir.

“Teruslah kembangkan jiwa patriotisme, semangat kebangsaan dan jadilah manusia yang memiliki akhlak, budi pekerti, dan laksanakanlah tugasmu dengan baik dan penuh tanggungjawab pada upacara 17 Agustus nanti,” kata Bupati Kamin.

Kalian sudah resmi menjadi anggota Paskibra pada 17 Agustus 2014, oleh karena itu laksanakan tugas dengan baik karena banyak mata melihat kalian,” kata Bupati.

Ia menegaskan bahwa upacara 17 Agustus akan berlangsung hikmat ditentukan oleh suksesnya Paskibra dan pastikan semua kalian anggota Paskibra harus percaya diri dalam menjalankan tugas.

Mengakhiri arahan, Bupati Pandapotan mengucapkan terimakasih kepada para pelatih yang telah menjalankan tugas dengan baik selama ini hingga dilaksanakannya pengukuhan.

Secara terpisah Ervika Sitorus siswi SMA Bintang Timur Balige mengatakan kepada reposter mc tobasa bahwa dirinya siap melaksanakan tugas mulia ini dan berjanji akan mengerahkan seluruh  kemampuan untuk bangsa dan negara Indonesia secara khusus di Kabupaten Toba Samosir.

Sementara Kepala Dinas Sosial, melalui Sekretaris Dinas Sosial Marnaek Parhusip, S.Pd, mengatakan, dari hasil seleksi dari 60 pelajar SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Toba Samosir yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2014, terpilih 29 orang Paskibra yang bertugas pada saat pengibaran dan penurunan bendera merah putih.

Untuk pengibaran bendera, terpilih Ervika Sitorus siswi SMA BTB Balige sebagai pembawa bendera, Alga Sitinjak dan David Siagian, keduanya siswa SMAN Silaen sebagai penggerek bendera. Pada pengibaran bendera ini, akan dipimpin komandan pleton Modana Hutajulu siswa SMAN 2 Balige.

“Para Paskibra telah menjalani pelatihan selama 18 hari yang dilatih dari personel Koramil 17/Balige, Polsek Balige dan Dinas Sosial Kabupaten Toba Samosir”, kata Marnaek. (mctobasa/sesmontb)

Back To Top
×Close search
Search