skip to Main Content
Bupati Darwin Siagian Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Nassau

Bupati Darwin Siagian Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Nassau

Balige, MCTobasa  – Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir. Darwin Siagian merencanakan membentuk Satuan Tugas (satgas) Asistensi Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) tingkat kabupaten, guna mengantisipasi terjadinya masalah dalam pelaporan pertanggungjawaban (SPJ) .

Hal tersebut dinilai perlu dilakukan, seiring dengan Pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) saat ini ditangani langsung oleh masing-masing aparat desa.

“Jangan aggap enteng soal pelaporan SPJ ADD. Pengelolaan ADD harus hati-hati dan menjunjung tinggi transparansi. Sehingga perlu dalam waktu dekat ini dibentuk Satgas Asistensi ADD dari tingkat Kabupaten,” kata Ir Darwin Siagian saat memberikan bimbingan dan arahan dalam Musrenbang Kecamatan Nassau, Senin (7/3).

Diterangkan Darwin, dalam pembangunan desa saat ini, ADD sangat efektif untuk membangun desa. Menurutnya, dana desa itu bukan sekedar fisik, tapi bagaimana juga membangkitkan ekonomi desa, badan usaha unit desa, dan lain-lain.

“Jika ADD dan DD ini berjalan baik, maka hal-hal strategis lah yang menjadi urusan kabupaten, seperti membangun jalan penghubung antar desa. Kita harap ke depan dana desa ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di setiap desa,” paparnya.

Bupati Darmin mengatakan bahwa setiap tahun kegiatan Musrenbang seperti itu dilaksanakan untuk menampung usulan dari masyarakat. Kalaupun masih banyak yang belum dapat diakomodir,  mengingat keterbatasan anggaran Pemerintah, sehingga disusunlah skala prioritas pembangunan di Kabupaten Toba Samosir melalui Musrembag.

Sementara itu tokoh masyarakat yang merupakan pensiunan PNS KemenPU yang mengabdikan diri membangun kampung halaman, Dr. Pardosi, mengatakan bahwa untuk melakukan pembangunan desa dibutuhkan perencanaan yang matang dan melakukan musyawarah dengan aparat desa.

“Sehingga pelaksanaan pembangunan benar-benar akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Turut hadir dalam acara ini, anggota DPRD Dapil Habornas Wilson Pangaribuan, Camat Nassau Liber Sipahutar, Ka Bappeda James Silaban, SH, Kadis Kesehatan dr.  Frida Sinaga, Kadispora Sandy Sibuea, Kaban BKD Kasten Panjaitan, Kadisdukcatpil  J. Pardosi, Kaban PMD Drs. Wasir Simanjuntak, Setwan Resman Sirait, Kadis Parbud Ultri S. Simangunsong, Kabag Humas Albert Sidabutar dan beberapa pejabat eselon 3 dan 4 Pemkab. Toba Samosir.

Selanjutnya acara musrenbang dibagi dalam sesi kelompok diskusi dengan 3 (tiga) kelompok yakni Infrastruktur, Sosial Budaya, dan ekonomi sesuai dengan bidang kerja dari SKPD dan perangkat desa. (mctobasa/stb)

Back To Top
×Close search
Search