skip to Main Content
Bupati Ajak Pemuda Ambil Bagian Bangun Kabupaten Toba Samosir

Bupati Ajak Pemuda Ambil Bagian Bangun Kabupaten Toba Samosir

Balige, MCTobasa – Dalam rangka membangun Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) tidaklah cukup hanya pemerintahan, namun butuh keterlibatan semua elemen masyarakat. Untuk itu, diawal kepemimpinannya, Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian dan Wakilnya Ir. Hulman Sitorus, MM mengajak pemuda untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan daerah ini.

Hal itu disampaikan Bupati Tobasa ir. Darwin dan Wakilnya Ir. Hulman Sitorus, MM ketika menerima audiensi Pengurus DPD IPK Tobasa, di ruang rapat mini Kantor Bupati Tobasa, Rabu (24/2).

 

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengapresiasi berbagai program yang telah dan akan dilakukan DPD IPK Tobasa.  “Terima kasih atas kehadirannya, kami sangat apresiasi. Mari kita sama-sama membangun Tobasa. Bukan hanya kami dari pemerintahan, tetapi bagaimana agar setiap elemen masyarakat khususnya pemuda turut ambil bagian,” kata  Ir Darwin saat menerima kehadiran DPD IPK Tobasa.

 

Diterangkannya, saat ini pihaknya sedang menginventarisasi permasalahan di Tobasa. Baik melalui masyarakat, secara khusus juga ekspos setiap SKPD, untuk dapat memahami persoalan-persoalan yang ada.

 

“Memang harus di mulai dari sekarang. Kita harus bekerja keras mencari sumber-sumber pendapatan. Kelemahan-kelemahan di birokrasi harus di robah. Pemuda jangan jadi penonton. Mari bersama-sama ambil bagian untuk mencapai perubahan itu, baik dibidang apa saja,” timpal Hulman Sitorus.

 

Seperti halnya juga penanganan parkir di Tobasa yang ditargetkan mampu meningkatkan PAD dua kali lipat dari target-target tahun sebelumnya, juga pengelolaan sampah di daerah itu, kata Hulman.

 

Sebelumnya, Ketua DPD IPK Tobasa Charles MT Sitohang didampingi fungsionaris dan pengurus PAC IPK se-Tobasa mengatakan bahwa pihaknya turut mendukung program Bupati dan Wakil Bupati untuk membangun daerah itu menuju Tobasa Hebat melalui pola kemitraan dengan semua elemen masyarakat.

 

Dalam kesempatan itu, Charles memaparkan bahwa ada berbagai program sosial DPD IPK Tobasa, seperti yang saat ini berlangsung, yakni turnamen sepak bola pelajar yang memperebutkan piala bergilir Kapolres Tobasa dan kemudian ditawarkan pengelolaan perparkiran di Tobasa dengan target PAD dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya dan selanjutnya juga pihaknya merencanakan pengelolaan sampah, baik untuk kompos dan kerajinan tangan.

 

“Khusus program pengelolaan perparkiran, hal ini sudah kami sampaikan kepada Dinas Perhubungan, dan Pj Bupati akhir tahun lalu, dengan catatan PAD ditingkatkan. Namun sampai sekarang belum ada titik terang. Kemudian tentang pengelolaan sampah yang sudah kami diskusikan dengan Badan Lingkungan Hidup, sebagaimana hasil pembicaraan kami sebelumnya, lahan 1 ha telah kami siapkan di Siantar Narumonda. Targetnya nanti, untuk pengolahan kompos dan kerajinan tangan,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya meminta dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati. “Kami mohon kiranya program kerja kami mendapat dukungan dari Bapak. Kami lakukan ini bukan semata-mata untuk menambah lahan pekerjaan baru, namun juga bagaimana mendukung peningkatan PAD dan menambah penghasilan masyarakat Tobasa,” tandasnya. (mctobasa/stb/ft)

Back To Top
×Close search
Search