skip to Main Content

Badan Otorita Kawasan Wisata Danau Toba Menunggu Keppres

Balige, MCTobasa – Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba diharapkan mampu mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi unggulan di Indonesia. Hal itu merupakan kabar menggembiran bagi Kabupaten Toba Samosir, sebab daerah Toba Samosir (Tobasa) memungkinkan menjadi pusat badan Otorita nanti.

“Untuk itu, Kabupaten Toba Samosir harus siap,” kata Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian, baru-baru ini, sesaat setelah kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ajibata, Toba Samosir.

Menurutnya, saat ini pemerintah sedang menginventarisasi sekitar 500 ha kawasan hutan di daerah Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, yang diharapkan nanti menjadi pusat pembangunan pariwisata Danau Toba.

“Saat ini pemerintah sedang menginventarisasi 500 ha kawasan hutan di Sibisa yang rencananya menjadi kawasan resort wisata. Bisa saja Sibisa menjadi pusat Otorita nanti. Jadi kita dari Tobasa harus siap,” kata Ir Darwin Siagian.

Diterangkan, jika hal itu terwujud, maka akan terjadi perkembangan signifikan di daerah Tobasa. Masyarakat Tobasa pun harus mencari manfaat di daerah itu, khususnya pemuda juga diminta siap menyongsong era pembangunan itu.

“Peraturan Presiden tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba sudah siap. Tinggal menunggu Keppres,” paparnya.

Diterangkan, selain kawasan resort wisata Sibisa, pemerintah juga telah merencanakan pembangunan Bandara Sibisa, pembangunan Jalan Aek Natolu-Ajibata. Diharapkan juga akan terwujud pembangunan jalan lingkar luar Danau Toba yang nantinya masuk kawasan Tobasa juga.

“Kalau Keppres sudah keluar, akan terjadi perubahan signifikan di Tobasa khususnya Ajibata,” katanya sambari mengimbau seluruh elemen masyarakat turut mendukung suksesnya Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba. (mctobasa/stb/ft)

Back To Top
×Close search
Search